Membuat passport (SPRI) di Bandung

Beberapa waktu yang lalu saya baru saja mengurus passport di kantor imigrasi bandung. Tenang saja walaupun anda tidak memiliki KTP Bandung namun tetap bisa membuat passport disini dengan KTP didaerah agan berasal. Kantor Imigrasi Bandung terletak di Jalan surapati, lurus terus aja sekitar 400 meter setelah pertigaan pusdai sebelum ITENAS, anda akan menemui kantor imigrasi di sebelah kanan jalan.

lokasi kantor imigrasi jalan surapati (huruf A)

penampakan kantor imigrasi bandung jalan surapati

Untuk mengurus passport dibutuhkan waktu sekitar 7-14 hari. Anda butuh tiga kali kunjungan ke kantor imigrasi dengan tahapan : kunjungan 1 mengajukan permohonan pembuatan passport, kunjungan 2 merupakan pembayaran, foto dan wawancara, dan kunjungan ketiga untuk pengambilan passport. Berikut ini akan saya ceritakan langkah2 tersebut.

Kunjungan 1 (17  Februari 2012) : MENGAJUKAN PERMOHONAN

Pada kunjungan pertama ini dokumen yang harus anda siapkan adalah :

Kartu Keluarga (asli)  + 1 fotokopi

KTP (asli, ga harus Bandung) + 1 fotokopi

Akta Kelahiran (asli) + 1 fotokopi

Surat nikah (asli) + 1 fotokopi –> hanya bagi yang sudah menikah

plus bawa bolpen + 1 materai 6 ribu

Agar tidak lama mengantri saya menganjurkan anda untuk datang ke kantor imigrasi jam 07.30 atau jam8 pagi. Setelah anda sampai di kantor imigrasi Bandung, yang pertama harus dilakukan adalah membeli map untuk permohonan passport seharga 10 rb (bonus cover passport) dikantin kantor imigrasi.

gambar. penampakan map permohonan pembuatan passport

Setelah membeli map, anda harus menuju loket pengambilan formulir permohonan yang terletak di depan. Anda tidak perlu mengambil nomor antrian dan formulirnya gratis. Seandainya belum memfotokopi dokumen, tenang saja terdapat tempat fotokopi disamping kantin imigrasi, ataukah anda bisa menyeberang jalan surapati tepat didepan kantor imigrasi.

Lalu isilah formulir dengan menggunakan pena. Hati-hati, selama mengisi  formulir tidak boleh ada bekas coretan, jadi jangan sampai salah isi ya. Isilah alamat sesuai dengan alamat di KTP.  Jadi kalaupun ga punya KTP bandung ya isilah pake alamat KTP tempat asal. Setelah diisi semua, masukkan semua dokumen dalam map kuning tsb lalu ambilah nomor antrian untuk mengajukan permohonan pembuatan passport (Surat Perjalanan Republik Indonesia).  Saya buat SPRI yang 48 halaman. Tunggulah nomor antrian anda.

  suasana didalam kantor imigrasi

Setelah anda dipanggil maka kelengkapan dokumen anda akan dicek. Dokumen yang asli dapat anda bawa pulang. Anda akan mendapat sebuah tanda terima permohonan berisi kapan jadwal pembayaran, foto dan wawancara. Anda dapat pulang. Saya datang jam8 dan selesai jam10. Anda tidak perlu membawa uang pembayaran dihari ini.

Kunjungan 2 (22  Februari 2012) : PEMBAYARAN, FOTO, WAWANCARA

Saya datang sesuai dengan tanggal pada tanda terima permohonan. Datanglah pagi2 sekitar jam setengah 8 atau jam 8. Pada hari ini bawalah uang 255 ribu untuk biaya pembuatan SPRI 48 halaman. Datanglah dengan baju rapi baiknya kemeja saja.  Setelah sampai dikantor imigrasi maka ambillah nomor antrian untuk pembayaran. Tunggu nomor anda dipanggil,  setelah itu  anda dapat melakukan pembayaran di loket sebesar 255 ribu.

penampakan loket kasir pembayaran passport

Setelah membayar, anda tunggulah dulu didekat loket pembayaran untuk mendapatkan tanda bukti pembayaran yang dapat anda gunakan untuk sesi foto dan wawancara. Setelah mendapat tanda bukti pembayaran maka antrilah didepan ruang foto dan wawancara. Anda tidak perlu mengambil nomor antrian lagi, cukup menggunakan nomor antrian pembayaran yang telah anda ambil tadi sebelu membayar.

penampakan didepan ruang foto dan wawancara

Setelah nomor anda dipanggil, maka masuklah ke ruang pada gambar diatas dan duduklah didepan petugas pengambil foto. Setelah anda difoto maka duduklah didekat sana untuk mengantri wawancara. Pertanyaan wawancara sederhana : apakah sudah punya passport sebelumnya dan untuk apa buat passport. Setelah wawancara anda akan diberi sebuah tanda untuk tanggal pengambilan passport. Setelah mendapatkan tanda tersebut anda dapat pulang. Pada jam10.15 saya sudah meninggalkan kantor imigrasi.

NB : Pada sesi wawancara jika yang mengurus passport masih terlampau muda alias belum punya KTP maka HARUS didampingi orang tua

Kunjungan 3 (28  Februari 2012) : PENGAMBILAN PASSPORT

Passport baru bisa diambil diatas jam13, datanglah ke kantor imigrasi. Anda tidak perlu membawa uang atau dokumen apapun, cukup dengan membawa nota pengambilan yang diberikan pada waktu sesi wawancara. Ambillah nomor antrian untuk pengambilan passport. Setelah nomor anda dipanggil, kumpulkan nomor dan nota tersebut diloket.  Setelah itu tunggulah sampai nama anda dipanggil. Setelah nama anda dipanggil maka anda telah mendapatkan SPRI. Proses telah selesai. Anda dapat pulang. Pada hari ini saya hanya menghabiskan waktu 10 menit dikantor imigrasi.

penampakan passport (Surat Perjalanan Republik Indonesia)

Saran saya ga usah pake calo, urus saja sendiri, ga ribet kok. Semoga guideline ini bermanfaat, hehe

#FAQ (update feb 2012) :

1. berapa lama mengurus passport?

semingguan, max 2 minggu

2. berapa biaya mengurus passport?

Rp 255.000 + materai 6 ribu + Rp 10.000 untuk map + biaya fotokopi

3.  dokumen yang dibutuhkan?

Kartu Keluarga (asli)  + 1 fotokopi

KTP (asli, ga harus Bandung) + 1 fotokopi

Akta Kelahiran (asli) + 1 fotokopi

Surat nikah (asli) + 1 fotokopi –> hanya bagi yang sudah menikah

Formulir permohonan –> diambil di kantor imigrasi hari pertama

4. Ribet gak ngurus passport di bandung?

Ga ribet kok, ngantrinya juga ga lama2 amat, palingan 2 jam-an kalo datang pagi daripada pake calo bisa habis Rp 400.000an

5. Kalo ga ada KTP Bandung, bisa ngurus passport ga?

tetap bisa dong

About these ads

25 thoughts on “Membuat passport (SPRI) di Bandung

  1. nice info….tapi pas penyerahan dokumen bisa diwakil kan ga sih..soalnya adik ogut (yang mo buat paspor) lagi diluar kota..trims

    • untuk penyerahan dokumen bisa diwakilkan :D yang tidak bisa diwakilkan adalah sesi wawancara dan foto,hehe jadi sante aja asal dokumen lengkap insya allah gpp

  2. oh ga ribet-ribet amat ya mas ngurusnya? kalo ngambil itu harus orangnya sendiri? pengen punya paspor deh sebelum lulus
    apa kabar mas, sekarang dimana? aku googling tentang ngurus paspor terdampar disini :D

    • iya ga begitu ribet ngrusnya.saran saya lebih baik punya passport dulu sebelum kerja biar kalo ada urusan kerjaan mendadak keluar negeri bs lgsg siap. Penyerahan dokumen, pengambilan BISA diwakilkan. yang tidak bisa diwakilkan adalah sesi foto dan wawancara dan sidik jari.
      hehehe alhamdulilah baik :D domisili saya di CIkarang, bekasi ya kadang2 ke bandung,hehehe

  3. kalo alamat sewaktu membuat paspor dan saat akan berangkat ke luar negeri sudah pindah alamat…bermasalah ga?
    pembelian formulir dan pengambilan paspor bisa diwakilkan dengan menggunaka surat kuasa?

  4. Mau tanya kalo passport ilang gimana? Masih bisa urus di Bandungkah walaupun ga punya ktp Bandung dan passport lama dikeluarin di Jakarta Utara?

    • Dear dwizky,
      KK sama akta yang asli kudu dibawa pas pengecekan,. kalo sudah di cek ya gapapa selanjutnya ga bawa,. Tapi setahu gw wajib sih hukumnya bawa yang asli

    • KK sama akta yang asli kudu dibawa pas pengecekan,. kalo sudah di cek ya gapapa selanjutnya ga bawa,. Tapi setahu gw wajib sih hukumnya bawa yang asli

  5. Thank gan infonya, kebetulan saya mau proses paspor di Bandung, tadinya saya mau balik dulu ke Purwokerto karena KTP saya Purwokerto, eh ternyata bisa juga ya ngurusnya di Bandung meskipun KTP nya bukan Bandung. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s