ITB bagus kok..

Saya terkejut juga ketika dalam suatu acara Bpk. Nanang T.Puspito berkata bahwa ITB ada di peringkat 90 dunia based on technology (wow!!). Dengan kata lain jika kita bandingkan dengan kampus di Prancis maka ITB menduduki peringkat kedua terbaik disana. Maksudnya hanya ada satu kampus di Prancis yang lebih baik dari peringkat ITB. Dashyatnya lagi di Rusia ITB menduduki peringkat pertama. Ngeri kk!! Universitas Tohoku di Jepang pun masih kalah peringkatnya daripada ITB. Ragu juga sih saya melihat paparan data tersebut. Saya pun segera mengeksplorasi internet dan benar, saya mendapati data tersebut di www.topuniversity.com versi tahun 2008. Adapun yang dinilai adalah dari aspek engineering dan IT berdasarkan respon terhadap academic peer review. Wow..Ternyata ITB bagus juga ya ^^

Peringkat kampus based on engineering dan IT tahun 2008

topunivsumber : http://www.topuniversity.com

Namun Jika kita lihat berdasarkan peringkat versi webometrics versi Juli 2008 ITB menduduki peringkat 826 dunia. Wihh..datanya kok bisa beda ama yang versi www.topuniversity.com?? Ya iyalah karena aspek penilaian dan parameternya berbeda. Kalo di webometrics penilaian dilakukan berdasarkan 4 kriteria penilaian. 1. Size (S), banyaknya halaman yang dapat dicari oleh searching engine Google, Yahoo, Live Search, dan Exalead. 2. Visibility (V), banyaknya unique external links yang dapat diakses. 3. Rich File (R), penilaian terhadap aktivitas akademik dan banyaknya publikasi baik dalam bentuk pdf, ps, doc, maupun ppt. 4. Scholar (Sc), banyaknya paper, laporan penelitian.

Ya gitu deh, pokoknya tanya balik penilaiannya berdasarkan apa aja kalo ada orang yang ngomong,”Eh, kampus A lebih baik dari pada kampus ITX  lo..” . Jangan sampe data-data tersebut disalahgunakan lo. Pak Nanang pernah berkata,”Jangan bangga kalo udah bisa kuliah di luar negeri..liat dulu tuh peringkat kampusnya lebih tinggi dari ITB atau nggak”,. Nice gan!.he..he.. namun sebenarnya saya sih gak berpegang saklek dalam pemilihan universitas berdasarkan peringkat-peringkat diatas. it’s up to you!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s