Desain Bungkus Selai

BuNgKus SeLaI

Gak disengaja aku membuka gambar di atas ketika mengotak-atik komputer dirumah. Ingatan masa lalu kembali menggelora teringat guru kimia saya kelas XII 5 SMA N5 Surabaya memberi tugas untuk membuat selai. Ya, gambar diatas adalah desaign iseng-isengan yang saya buat untuk mendukung pengemasan selai nanas.

Itu pertama kali pula akhirnya saya mempunyai software Corel Draw 12. Yang saya sukai dari corel draw ini adalah adanya suatu tool untuk men-trace image bitmap menjadi vector. Terobosan yang luar biasa bagiku saat itu  (walaupun image bitmap yang di trace tidak bisa sempurna menjadi vector yang mulus).

Gak ada salahnya saya sedikit berbagi gimana cara buat desaign diatas. Jujur saya orang yang cukup tertarik dengan desaign grafis. Saya masih tergolong beginner designer karena memang baru juga mengenal Corel dan Photoshop waktu SMA kelas XII. Tapi gak ada salahnya berbagi bukan?

Bagi temen2 yang udah pernah gunain corel ato photoshop tentu gak rumit ngeliat desaign diatas. Untuk membuat seperti di gambar, pertama-tama saya buat kotak berwarna kuning dengan outline hitam sesuai dengan bentuk desaign. Contohnya seperti di bawah ini :

4

Download image bitmap nanas di internet seperti gambar dibawah :

nanasSetelah itu import gambar nanas yang sudah didownloadh ke CorelDraw lalu dapat digunakan command trace seperti gambar dibawah untuk mengubahnya menjadi vektor :

2

Setelah itu sih gambar nanas nya yang udah jadi vector bisa diperbaiki secara manual dengan menggunakan bezier tools untuk menutupi outline nanas yang m,asih kasar.

Untuk efek seperti 3D pada desaign (dapat diamati dipinggir-pinggir desaign dan di tulisan ’selai nanas’ terdapat efek seperti 3D) dapat digunakan Bevel Emboss pada software Photoshop dengan mengklik kanan layer yang kita ingin beri efek 3D lalu pilih seperti gambar dibawah :

3

gambar setting bevel emboss

Kalo untuk backgroundnya yang keliatan rada tipis (yang jadi background ”gak gauk kalo gak coba”) tinggal atur aja opacity dari suatu layer yang ingin kita jadikan background.

Selebihnya tinggal menambahkan gambar nanas vector yang telah kita convert ke format bitmap untuk kita buka di Photoshop ke kerangka yang sudah kita buat (Kalau tadi buatnya di CorelDraw, eksport aja dulu ke JPG biar bisa dibuka di photoshop nantinya). Final touch dilakukan dengan penambahan font, atur keserasian warna dan edit-edit kalo ada yang kurang.

Semoga bermanfaat ^^

4 thoughts on “Desain Bungkus Selai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s