Manusia Dewasa

spacerdad-son

Dulu ketika aku berada pada SMA kelas XI di suatu kesempatan pelatihan, aku bertanya kepada seorang senior, “Kak, dewasa tu apa sih sebenarnya ?”. Sungguh aku begitu bingung pada waktu itu apa sih sebenarnya arti dewasa itu. Beliau berpikir sejenak dan berkata,”dewasa adalah jika ada orang lain dihatimu, bukan egois atas dirimu sendiri”. Jujur, aku belum begitu puas dan masih menyisakan tanda tanya besar didalam diriku tentang arti dewasa. Apakah orang dikatakan dewasa jika sudah umur? Apakah orang dikatakan dewasa jika tidak melakukan apa yang dilakukan anak kecil? Bagaimana jika ada seorang yang notabene bukan anak kecil lagi tapi melakukan apa yang sering dilakukan anak kecil seperti menonton film kartun, bermain boneka apakah mereka dianggap tidak dewasa? Begitu ingin tahunya diriku saat itu tentang arti dewasa. Orang-orang berkata menuntut kita menjadi dewasa, namun apakah dewasa itu sebenarnya? Sekarang di bangku perkuliahan setelah melalui berbagai proses aku telah menemukan yang memuaskan diriku sendiri atas pencarian arti tersebut. Kita dikatakan dewasa jika kita dapat hidup selaras dengan alam dan manusia. Ketika kecil dulu kita tidak dapat dikatakan dewasa karena kita terlalu sentris terhadap diri kita sendiri dan mengacuhkan hubungan dengan manusia lainnya. Kita merengek-rengek kepada orangtua minta dibelikan mainan tanpa mempedulikan bagaimana perasaan orangtua kita, apakah orangtua kita mampu membelinya atau tidak. Itu merupakan suatu bentuk sentralisasi pada diri sendiri tanpa memperhatikan bahwa sebenarnya kita hidup membentuk relasi satu sama lain, baik kepada sesama manusia maupun alam. Kita hidup dalam suatu sistem yang besar, terdiri dari berbagai komponen yang saling berkaitan. Ketika kita menginginkan suatu hal tanpa memperhatikan orang lain maka kita tidak dewasa. Ketika kita menginginkan kepopuleran, tahta tanpa mempedulikan kemaslahatan orang banyak maka kita tidak dewasa. Ketika kita berkata menjelekkan orang lain hanya untuk kesenangan belaka maka kita tidak dianggap dewasa. Mungkin seperti itu yang dimaksudkan oleh senior saya yang menyatakan bahwa dewasa itu adalah ketika kita tidak focus terhadap diri kita sendiri saja. Ya, dengan kata lain kita harus selaras dengan manusia dan alam sekitar kita. Kita dikatakan dewasa ketika kita bisa tahu posisi kita didalam suatu komunitas dan tahu apa yang dapat kita lakukan tanpa merusak keselarasan kita dengan orang lain dan alam.

Kedewasaan timbul berdasarkan proses yang telah kita alami. Tingkat kedewasaan orang dalam umur yang sama belum tentu sama. Semua bergantung dengan proses pembelajaran yang kita alami. Orang yang ditempa dengan proses yang kuat akan menimbulkan pribadi yang kuat pula.Proses pembelajaran terjadi setiap saat dimanapun kita berada dan kapanpun pula, entah berasal dari seorang anak kecil, entah dari seorang yang kita anggap remeh, dsb. Tidak salah ketika ada jargon bahwa tua itu pasti namun dewasa itu pilihan. Ya, dewasa merupakan suatu pilihan bagi kita bukan kepastian. Itu tergantung apakah kita mau menjalani proses pembelajaran untuk mengembangkan kapasitas diri atau tidak. Jadilah manusia dewasa, jadilah manusia pembelajar.

One thought on “Manusia Dewasa

  1. dewaza adalah di mana saat na kita bisa menemukan jati diri kita yg sebenar na,, dimana saat na kita bisa menjadi anx yg mandiri,, bisa membedakan hal positif dan negatif,, tidak terpengaruh dengan macalah2 kecil,, tidak tergantung pda ortu lg,, lebih percaya diri,, mengerti apa arti na kehidupan,, ngga egoiz,, ngga pelit,, bisa jaga diri tanpa bantuan orang laen sama sekali kecuali bener2 gawat,, seperti di culiQ,, di copet,, kemalingan,, dsb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s