Kisah Klasik untuk Masa Depan

SD143

”…Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia

Berlarilah tanpa henti sampai engkau meraihnya..(OST. Laskar Pelangi)”

Nampak dari seberang jalan sebuah SD dengan gapura diatasnya bertuliskan “SDN 143 Kertapati Palembang”. Bangunannya tidaklah megah. Terdapat banyak bercak noda coklat didindingnya. Disamping bangunannya terdapat kuburan yang berada di sekitar rumah warga. Sebuah tiang tetap berdiri dengan sombongnya mengibarkan bendera merah putih. Ya, di sekolah dasar itulah dulu aku pernah mengeyam bangku pendidikan bersama dengan teman-temanku yang lain.

Banyak sekali pengalaman yang begitu berkesan dan berharga yang kudapat disana. Pergaulan yang polos dan sederhana, simpel apa adanya. Sahabat yang gemar bertualang mencari permainan yang mengasyikkan. Repotnya menjadi ketua kelas. Tiada gentar maju ke arena cerdas cermat melawan SD lainnya yang notabene lebih ’wah’ dimata masyarakat. Sebuah kisah yang mengajarkan kekuatan mimpi dan persahabatan. Sebuah wahana dimana aku diajarkan untuk selalu berusaha meraih mimpi tanpa mengidahkan realitas.

Sekitar 8,5 tahun masa itu telah terlewati. Entah mengapa perasaan itu menyeruak kembali ketika bersua dengan teman-teman yang menghiasi masa SD-ku. Semuanya telah berubah menjadi pemuda-pemudi dengan pilihan jalan hidupnya masing-masing. Ada yang masih mengeyam pendidikan, ada yang memutuskan untuk bekerja, bahkan ada yang telah menikah. Setiap orang memiliki pilihan untuk tetap berdiri tegak melawan arus zaman ataupun tenggelam terseret ombaknya. Entah apakah ombak zaman akan mengungkung pikiran kita menjadi kerdil, memandang suatu realitas melalui perspektive yang sempit ataukah justru sebaliknya. Disinilah tantangannya untuk selalu mempertahankan keyakinan dalam jiwa apa yang kita anggap benar. Membuka cakrawala wawasan melalui jendela kehidupan, kehidupan yang penuh warna, kehidupan yang penuh makna, kehidupan yang begitu kompleks dan komprehensif. Tinggal bagaimana kita sebagai seorang manusia dapat memberi nilai tambah pada kehidupan : Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang banyak.

Kini impianku sedari kecil dulu yaitu menjadi engineer mengikuti jejak ayahku sedang kutempuh. Mungkin tidak kusadari bahwa proses meraih cita-cita yang sedang kujalani sekarang di institut yang kudambakan berawal dari sebuah kisah klasik di masa lalu.

Terukir didalam hatiku masa SD adalah masa yang sangat indah, kenangan yang tidak bisa dihapus begitu saja. Dan aku yakin bahwa rasa itu terukir pula didalam hati sanubari teman SD ku yang lainnya.

3 thoughts on “Kisah Klasik untuk Masa Depan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s