Gading Ganesha

cover-gading

Ketika sedang berjalan melintasi rak-rak buku di Gramedia, mataku terpaku pada suatu buku dengan cover depan berilustrasi di gerbang depan ITB. Buku tersebut berjudul Gading-Gading Ganesha. Tertarik membaca synopsis yang ada maka aku memutuskan untuk memilikinya.

Gading-Gading Ganesha bercerita tentang 6 orang mahasiswa ITB dengan berbagai latar suku daerah dan ekonomi menjalin suatu persahabatan mulai dari masa pendaftaran kuliah sampai lulus. Mereka adalah Fuad, seorang mahasiswa dari Surabaya yang gemar berpolitik kampus, Ria seorang wanita cantik dari Padang yang cerdas, Benny lelaki yang tinggal di Jakarta yang berkecukupan dan digandrungi banyak cewek, Slamet seorang kutu buku yang pintar dari Trenggalek, Poltak lelaki yang senang bicara dari Pematang Siantar, dan Gun-Gun dari Ciamis. Mereka sangat kompak walaupun dengan berbagai perbedaan yang ada.

Mereka mengarungi seluruh dinamika kampus pada era 1980-an. Mulai dari pentas kampus, ospek, belajar semalam suntuk untuk mengerjakan tugas dan praktikum hingga mereka lulus kuliah. Pada akhirnya, tahun 2009 mereka mengadakan reuni kembali di ITB untuk mencapai suatu cita.

Banyak hikmah yang dapat kita tangkap dari novel tersebut. Mulai dari kita bisa menemukan suatu kisah kerasnya kehidupan yang tidak pandang bulu menerjang siapa pun, menggerogoti idealisme. Ya, tentu realitas tidak selalu sama seperti yang kita pikirkan. Kadangkala keadaan memaksa kita untuk menanggalkan seluruh atribut prinsip yang kita kenakan. Lantas sekuat apa kita bisa bertahan?

Tidak ketinggalan pula bumbu percintaan di tambahkan didalam novel ini. Kita akan belajar menerima kekuragan atas nama cinta. Karena cinta tidak dipersatukan oleh derajat, oleh ketampanan dan oleh harta…karena cinta itu tulus apa adanya… karena cinta itu ada…

One thought on “Gading Ganesha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s