Indonesia, ITB, HME

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

(UU 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional)

Untuk mengejawantahkan fungsi dari pendidikan nasional tersebut maka dibangunlah institusi pendidikan. Adapun tugas perguruan tinggi sebagai salah satu institusi pendidikan menurut Muhammad Hatta adalah :

  1. Memiliki keinsafan tanggung jawab atas kesejahteraan masyarakatnya.

2.    Cakap dan mandiri dalam memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan.

3.    Cakap memangku jabatan atau pekerjaan dalam masyarakat

Intinya di perguruan tinggi dibentuklah seorang pribadi  insane akademis, yaitu pribadi yang tanggap dan handal dalam menghadapi tantangan masa depan serta mencari dan membela kebenaran ilmiah. Kita hidup didalam suatu institusi pendidikan yang bernama ITB yang mengusung fungsi pendidikan nasional. Adapun visi dan misi ITB adalah :

Visi ITB :

ITB menjadi lembaga pendidikan tinggi dan pusat pengembangan sains, teknologi, dan

seni yang unggul, handal, dan bermartabat di dunia yang bersama dengan lembaga

terkemuka bangsa, menghantarkan masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang bersatu,

berdaulat, dan sejahtera.

Misi ITB :

Memandu perkembangan dan perubahan yang dilakukan masyarakat melalui kegiatan tri

darma perguruan tinggi yang inovatif, bermutu dan tanggap terhadap perkembangan

global dan tantangan lokal

Dibutuhkan peran seluruh elemen ITB untuk mencapai visi yang ITB punyai, tidak terkecuali mahasiswa. Sudah selayaknya mahasiswa sebagai objek pendidikan di ITB mengetahui dibentuk seperti apakah mereka nantinya dalam pendidikan di ITB. Berdasarkan Ketetapan Senat ITB tahun 1978 pada buku Peraturan Akademik dan Kemahasiswaan Tahun 2007 maka ditetapkan beberapa kebijakan dasar akademis yaitu :

  1. Pendidikan di ITB mencakup pendidikan keilmuan dan pengembangan kepribadian yang bermartabat yang senantiasa menjunjung tinggi tata nilai luhur. Diakhir pendidikannya para lulusan akan merupakan insane yang cendekia yang akan menjadi panutan ditengah masyarakat dan memberikan sumbangan yang berarti dalam mewujudkan cita-cita masyarkat, yaitu kehidupan sejahtera dan bermasyarakat.
  2. Tujuan setiap strata pendidikan di ITB adalah agar para lulusannya mampu berkontribusi positif dalam mewujudkan cita-cita masyarakat, baik dalam masyarakat keilmuan dan masyarakat keprofesian, maupun dalam masyarakat umum, baik dalam masyarakat antara bangsa maupun masyarakat regional dan masyarakat bangsa sendiri.
  3. Pendidikan keilmuan setiap strata pendidikan di ITB memberikan penguasaan ilmu yang komprehensif disertai wawasan yang luas, dan dilengkapi dengan kesadaran akan pemanfatannya, sehingga para lulusannya memiliki kemampuan dan naluri pengembangan dan/atau penerapannya, baik secara mandiri maupun dengan bekerjasama, termasuk kerjasamaantar disiplin

4. Pengembangan kepribadian yang bermartabat dalam setiap tahap pendidikan di ITB mencakup:

a. Pengembangan kepribadian yang menjunjung tinggi etika profesi dan memiliki etos kerja yang patut diteladani dalam dunia profesi yang dimasukinya, termasuk profesi keilmuan.

b. Pengembangan kepribadian yang menjunjung tinggi tata nilai yang luhur, serta sikap yang patut diteladani dalam kehidupan masyarakat di mana ia berada.

5. Kriteria kemampuan, sikap dan perilaku lulusan ITB didasarkan kepada peran yang diharapkan  akan dipegang oleh lulusan tersebut

6. Untuk dapat menghasilkan lulusan seperti yang dicita-citakan maka setiap mahasiswa diharuskan menjadi proses pendidikan didalam kampus selama waktu tertentu untuk setiap strata pendidikan

Untuk mewujudkan profil ideal lulusan ITB tersebut maka diperlukan pula peran organisasi kemahasiswaan sebagai sarana pendidikan pelengkap dan penyempurna perkuliahan. Begitu pula HME ITB sebagai bagian dari organisasi kemahasiswaan KM ITB. Berdasarkan AD/ART HME ITB disebutkan bahwa tujuan HME ITB adalah

turut mempersiapkan terbentuknya sarjana-sarjana Elektroteknik yang sadar akan tanggung jawabnya terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Bangsa dan Almamater, juga ikut memenuhi kebutuhan material dan spiritual mahasiswa Elektroteknik khususnya dan mahasiswa ITB umumnya dalam menyalurkan cipta, karya, tenaga dan pembangunan Negara Republik Indonesia, serta memelihara dan mempererat kekeluargaan di antara anggota HME ITB maupun alumninya pada khususnya serta keluarga mahasiswa ITB pada umumnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa input utama dari HME ITB adalah anggotanya dan output utamanya pula adalah anggota. Segala proses yang terjadi didalam HME ITB mengacu kepada pengembangan anggota yaitu membentuk lulusannya sebagai seorang yang berjiwa kepemimpinan dan berakhlak mulia sehingga memiliki kompetensi sehingga siap untuk menghadapi tantangan masa depan dan juga HME turut berkontribusi membangun bangsa dan negara melalui kiprahnya dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang elektroteknik. Sesuai degan fungsi dan peran HME ITB yaitu :

Fungsi

Wadah pembinaan dan pengembangan potensi dan jati diri anggota

(human resources development)

Peran

Mengarahkan potensi dan jati diri anggota dalam rangka pengabdian kepada

masyarakat dan bangsa

(social community development)

Jelaslah bahwa HME ITB merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan yang mengembangkan potensi anggotanya untuk dapat menghadapi tantangan masa depan serta dapat mengarahkan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dan bangsa.  Untuk mewujudkan hal tersebut maka dilaksanakanlah proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang dikemas menjadi sebuah kultur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s