Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB #part0

Apa itu HME ITB?

HME ITB merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan berbasis keprofesian di ITB. Seperti kita ketahui bahwa seluruh himpunan berbasis keprofesian sesuai dengan jurusannya masing-masing. Seni rupa dengan berbagai ide out of the boxnya, SBM dengan implementasi bisnisnya, fisika dengan filosofisnya, geologi dan geodesi dengan kemampuan lapangannya dan masih banyak lagi karakteristik yang ada. Karakteristik tersebut timbul berdasarkan keilmuan yang digeluti sesuai dengan jurusannya.

HME ITB lahir tahun 1959 dimulai dari sekumpulan mahasiswa yang hobi ngoprek yang kemudian berkembang menjadi sebuah organisasi kemahasiswaan sampai seperti sekarang.

Urgensi HME ITB

Lantas mengapa sebuah himpunan ada? Apa urgensinya? HME ITB ada untuk turut men-support visi ITB : mencetak sarjana yang seutuhnya baik dalam segi kemampuan akademis, hardskill ataupun softskill dan karakter. Adapun hal tersebut sesuai dengan tujuan HME ITB yaitu :

  • Turut mempersiapkan terbentuknya sarjana-sarjana Elektroteknik yang sadar akan tanggung jawabnya terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Bangsa, dan Almamater.
  • Ikut membantu memenuhi kebutuhan material dan spiritual mahasiswa Elektroteknik khususnya dan mahasiswa ITB umumnya dalam menyalurkan cipta, karya, tenaga, dan pembangunan Negara Republik Indonesia.
  • Memelihara dan memperat rasa kekeluargaan di antara anggota HME ITB maupun alumninya pada khususnya serta keluarga mahasiswa ITB pada umumnya.

Singkatnya HME  ITB dapat dimaknai melalui satu persatu kata. Kata “Himpunan” merepresentasikan sekumpulan orang dalam sebuah kesamaan. Himpunan erat kaitannya dengan kekeluargaan. Himpunan merupakan sebuah wadah kita untuk mempererat persaudaraan dalam sebuah kesamaan keilmuan (program studi). “Mahasiswa” menunjukkan bahwa HME ITB merupakan sebuah tempat mencetak seorang mahasiswa, seorang yang  berbudi luhur, punya semangat berkontribusi, mampu mengedepankan nilai akademis berpikir ilmiah. “Elektroteknik” menunjukkan spesialisasi pengembangan keprofesian HME ITB, keprofesian yang meliputi pengembangan keilmuan, pengembangan skill dan professional attitude.

Himpunan merupakan co-curiculer sebagai pelengkap kita untuk menjadi sarjana ITB yang seutuhnya. Sudah seharusnya perkuliahan bersinergi dengan kegiatan himpunan untuk mencapai visi  ITB.

Jadi output dari organisasi kemahasiswaan, HME ITB adalah orang yang siap berkarya bukan berapa prestasi yang telah dihasilkan atau berapa banyak uang yang dihasilkan. Itu semua merupakan indikator.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s