Percaya : Awal dari Realita

“Tepislah segala keraguan dan ketakutan dalam dirimu untukmencapai sebuah perubahan”

Kalimat diatas mengingatkanku pada masa-masa SMA dimanakutulis kalimat diatas dalam buku catatanku. Kalimat itu kutulis dipojok kananlembar pertama. Sebuah sifat yang tentu sangat manusiawi : ragu.

“Keraguan adalah awal Kegagalan”

Tentu quote diatas sering didengar. Ragu adalah awal darisebuah kegagalan. Ragu timbul ketika kita tidak bisa menentukan pilihan atasjalan dan konsekuensinya yang ada. Atau mungkin kita takut menemui konsekuensiyang menghadang didepan? Ragu tidak akan membawa kita beranjak dari manapunjuga. Ragu itu diam.  Ragu itu hanyamembuang waktu dan tenaga. Memang berpikir secara matang diperlukan namunsebuah pemikiran yang terus menerus dipikirkan tanpa pernah berbuat adalahsesuatu yang kurang baik.

“Jangan pernah cari alasan untuk berhenti sebelum berbuat”

Sebuah analogi digambarkn dalam film Mr. Nobody. Dikisahkandalam film tersebut terdapat seorang anak kecil berusia 9 tahun yang dapatmengetahui masa depan atas berbagai opsi pilihan hidupnya. Hingga ketika ayahdan ibunya memutuskan bercerai, sang anak tidak mampu memutuskan akan hidupbersama ayah atau ibunya. Hal ini terjadi karena sang anak tidak mampumenanggung konsekuensi atas pilihan yang diambilnya mengingat gambaran masadepan yang akan terjadi. Namun sebuah kesimpulan diutarakan bahwa tidak ada yangsalah dengan jalan pilihan hidup yang kita ambil. Maknai setiap langkah yang diambil.

“Kepercayaan adalah sebuah jalan untuk menjawab keraguan”

Apa yang bisa memupuskan rasa ragu didalam diri? Percaya.Orang yang tidak percaya akan Tuhan Yang Maha Esa akan selalu ragu mengarungihidupnya. Apa yang tidak kamu percaya? Banyak orang yang telah mempercayakanbanyak hal kepada kita. Entah keluarga kita yang mempercayakan kita menuntutilmu, ITB dan rakyat Indonesia yang telah memberikan kita peluang untuk belajar.dikampus ganesha ini. Allah SWT percaya kepada manusia sebagai khalifah (pemimpin)dimuka bumi ini. Dan mungkin engkau adalah seorang pemimpin yang diamanahiharapan dari rakyatmu. Apakah masih ragu terhadap dirimu sendiri padahal oranglain telah percaya? Tidak akan ada keraguan jika engkau percaya.

“Apakah pantas seseorang dipercaya jika tidak lagi mempercayai dirinya sendiri?”

“Dan aku percaya kita akan mampu melalui segala tantangan didepanmembawa HME ITB ke singgasana tertinggi karena aku percaya.. aku percaya kitaadalah kerangka yang bersinergi menopang beban amanah rakyat..  aku percaya dengan kobaran api semangat yangmasih mendera didada… Tidak ada alasan berhenti ketika tidak engkau temukanalasan untuk berhenti”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s