Knowledge : The Beginning of the Revolution (part1)

Manusia adalah pangkal peradaban. Plato pernah berkata bahwa manusia yang berpindidikan dan yang tidak berpendidikan sangatlah berbeda bagaikan hidup dan mati. Jadi  ilmu pengetahuan merupakan sebuah kunci dalam membentuk peradaban. Sejarah telah membuktikan bahwa masa kejayaan peradaban Islam, renaissance di Eropa, kebangkitan Amerika Serikat serta bangunnya Jepang bermula dari  fondasi ilmu pengetahuan yang disusun secara visioner dan sistematis.

Cerita kejayaan masa lalu peradaban Islam dimulai dari abad 8-13. Adapun Muhammad SAW sebagai pelopor bermulanya cerita manis tersebut. Muhammad SAW adalah seorang pedagang, panglima perang maupun negarawan yang handal dan sangat dicintai rakyatnya. Beliau sangat mementingkan pendidikan dan ilmu. Setelah berperang beliau meminta agar tawanan yang bisa membaca mengajarkan kaum muslimin yang belum bisa membaca. Muhammad SAW selalu mengingatkan bahwa mencari ilmu merupakan sebuah perbuatan mulia. Bahkan Muhammad SAW menyuruh kaum muslim untuk mencari ilmu bahkan sampai ke negeri Cina. Peradaban Islam yang hebat mulai terlihat ketika khalifah pertama Bagdad, Al-Mansur berkuasa. Ilmu pengetahuan diserap dari orang-orang Persia yang dulu teraniaya oleh Bani Umayyah. Pada tahun 638 masehi mulai diterjemahkannya buku-buku hebat seperti buku karya aristoteles (Magna Moralia), Plato (Almagest, Republic), buku kedokteran dari Hipokrates dan lain sebagainya.

Kemudian pada masa Al-Mahdi, Bagdad berkembang menjadi kota yang maju. Pada zaman itulah kertas dari Cina telah masuk ke Arab. Penemuan kertas tentu sangat berpengaruh pada peredaran ilmu pengetahuan. Bagdad mencapai puncak kemegahannya pada zaman Harun Al-Rasyid berkuasa. Bagdad adalah pusat ilmu pengetahuan dan termaju didunia saat itu. Sekolah berada dimana-mana. Anak-anak pun tidak perlu memikirkan biaya sekolah karena segalanya gratis. Semua bersemangat mencari ilmu. Pengetahuan didatangkan secara massif dari Persia, Yunani, Romawi, India dan Cina. Pada zaman itu kaum yang terpelajar sangat dihormati dan diistimewakan di masyarakat. Mereka diperlakukan seperti layaknya para pemimpin Negara. Perpustakaan megah tersebar disetiap sudut kota. Peradaban Islam dilanjutkan kepada Al-Ma’mun. Dizaman itu merupakan masa emas pengetahuan dari peradaban Islam. Al-Ma’mun melakukan pencarian pengetahuan sampai ke berbagai pusat pengetahuan di dunia dengan cara mengirimkan pelajar terbaik untuk belajar. Beliau juga intens membeli ribuan manuskrip ilmu pengetahuan. Al-Ma’mun sangat mencintai buku. DIa mendirikan pusat ilmu pengetahuan bernama Bayt Al-Hikmah.

Pada zaman itu lahirlah berbagai intelektual Islam. Al-Khawarizmi seorang jenius matematika menulis buku Hisab-Al-Jabr wa Al-Muqabala. Al-Khawarizmi menguasai pula ilmu astronomi maupun geografi. Al-Kindi merupakan seorang ilmuwan yang memopulerkan ide Aristoteles. Al Kindi pula berkontribusi dalam dunia kedokteran. Lalu ada pula Ibn SIna atau sering disebut sebagai Bapak Ilmu Kedokteran Modern, Al-Razi (864-925) yang menguasai ilmu kedokteran Yunani dan Persia, Ibn Haitham sebagai Bapak Ilmu Optik, Ibn Nafis yang dapat menggambarkan fisiologi manusia, Al-Battani seorang matematikawan yang dapat menghitung panjang satu tahun matahari, Ibn Battuta (1304-1377) yang mampi menjelajahi lautan sejauh 120.000 km, Ibn Rusyd dan Al Ghazali yang merupakan pemikir yang berpengaruh, Ibn Khaldun sebagai Bapak Ilmu Sosial, dsb.

Ilmu pengetahuan berperan penting dalam membentuk karakter dan pola pikir manusia. Kejayaan sebuah peradaban dimulai dari bangsanya yang unggul. Kejayaan Bagdad dan Andalusia dimulai dari sebuah upaya pembangunan fondasi ilmu pengetahuan secara sistematis. Semangat mencari ilmu pengetahuan ditanamkan melalui filsafah hidup.

Lambat laun pada abad 12 peradaban Islam mulai menurun hingga akhirnya pada 1258 peradaban Islam dibawah Khalifah Al-Musta’sim dihancurkan Mongol. Kemunduran Islam terus berlanjut. Namun sesungguhnya apakah yang terjadi dibelahan dunia lainnya? Apakah Renaissance di Eropa itu? (to be continued).

referensi data dari buku Imperium III

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s