PKL di Petrokimia Gresik 2011

Haha sebenarnya saya melaksanakan Kerja Praktek atau populernya dikenal dengan nama PKL pada bulan Januari 2011 namun baru menulis di blog sekarang. Bagi kawan-kawan yang ingin melaksanakan PKL/Kerja Praktek di PT.Petrokimia Gresik dapat mengajukan proposal permohonan sebaiknya 1 bulan sebelum jadwal kerja praktek yang diminta. Bagi yang berdomisili di Gresik dan sekitarnya dapat langsung mengajukan proposal permohonan beserta surat keterangan dari kampus ke Biro Diklat PT. Petrokimia Gresik. Adapun biasa yang menangani urusan tersebut adalah Pak Tomo ataupun Pak Eko. Saya alhamdulilah mendapat jawaban 2 minggu setelah pengiriman persyaratan tersebut. Biasanya PKL dimulai pada awal bulan. Adapun durasinya bergantung dari permohonan yang kita ajukan. Saya mendapat jatah PKL dari tanggal 3-28 Januari 2011.

Salah satu hal yang asik ataupun unik dari PKL di PT. Petrokimia Gresik adalah metode classroom pada seminggu pertama. Disini seluruh peserta PKL baik dari siswa SMK maupun mahasiswa dikumpulkan menjadi satu dan diberi materi mengenai berbagai hal yang ada di PT. Petrokimia seperti mengenai sistem distribusi, produk, inspeksi peralatan, instrumentasi dan masih banyak lagi. Pada classroom inilah kita dapat berkenalan dengan berbagai kawan berbeda asal maupun jurusan. Classroom dilaksanakan mulai pukul 07.30 sampai dengan 12.00 WIB.

Setelah seminggu kemudian peserta sudah mulai “dijurukan” tergantung dari jurusan masing-masing. Kebetulan ketika periode PKL Januari 2011 saya merupakan satu-satunya mahasiswa dari jurusan elektro. Saya ditempatkan di Departemen Pemeliharaan I. Saya memilih berada di bagian Instrumentasi. Dsinilah saya menghabiskan waktu saya untuk belajar sampai tanggal 28 Januari 2011. Adapun untuk PKL ketika berada di Departemen masing-masing waktu tiap harinya bergantung dari departemen/pembimbing masing-masing. Ada yang dari jam07.30-16.00, ada yang dari jam07.30-12.00 dsb. Intinya selama kerja praktek jangan malu bertanya. Karena salah satu syarat kalau ingin mendapatkan ilmu yang banyak adalah berinisiatif untuk bertanya dan meminta. Jangan ragu meminta kepada pembimbing jika ingin mengambil data dilapangan ataupun bertanya tentang ini-itu. Agar PKL tidak sia-sia sebaiknya anda sudah punya bayangan apa yang akan anda kerjakan/analisis/pelajari di PT. Petrokimia Gresik. Berdayakan diri anda sendiri melalui berbagai inisiatif dan rencana kegiatan yang jelas.

Oh ya PT. Petrokimia pula memiliki perpustakaan yang nyaman dan asik. Bagi kawan-kawan yang gemar membaca koran, majalah maupun mencari referensi dapat datang kesana. Bagi kawan-kawan yang berasal dari luar kota banyak tersedia kos-kosan disekitar Rumah Sakit Petrokimia. Murah kok dibandingkan Bandung atau Jakarta. hehe

Jangan berharap nih ada insentif atau pesangon kalau kerja praktek disini.hehe Fasilitas yang akan anda dapatkan adalah aksesibilitas di pabrik PT. Petrokimia Gresik untuk dapat belajar banyak hal, asuransi kesehatan, Kartu Identitas, alat pelindung diri (dipinjamkan) dsb. Didepan Petrokimia pun terdapat stadion yang biasa dipakai Gresik United bertanding. Lumayan bagi para gibol.hehe

Selamat belajar dan Sukses!

 

 

 

94 thoughts on “PKL di Petrokimia Gresik 2011

    • proposal permohonan KP mksdnya? nanti insya allah saya kirim y. saya tidak ada alamat email petrokimia gresik. Kalau tanya2 bisa lngsung ke balai diklat petrokimia gresik🙂 salam kenal

      • yap. Langsung saja kekantornya, lebih baik seperti itu. Kalau saya dulu mengirimkan proposal KP nya via pos dan tinggal menunggu jawaban saja. Baiknya anda kirim sendiri ke kantornya sekalian bsa nanya kontak2nya.suskes

    • Dear Ary,
      Untuk persyaratan KP di Petro paling penting proposal KP dikirim aja ama surat pengantar dari Kampus. Punten baru saya balas,hehe masih berminat minta softcopy? kalau masih kontak saya di smalane_57@yahoo.com ya.,thx

  1. bisa minta tolong minta nomor telephon pak eko gak ?? kmrn saya sudah dr balai diklat dan bertemu pak eko, tp nomor yg saya dapat dr teman tidak aktif… butuh mau konfirmasikan sesuatu ke bpknya. thanks
    kirimkan ke email saya elek_lely@yahoo.com

  2. sya anak kimia unesa bisa minta contoh proposalnya gak,kira2 kalo 4 org PKL dsna bs gak ya,trs prosedurnya gmn,lgsng ngirim proposal gt ya

  3. mass bisa minta contoh proposal kp nya? saya fitra dari upn veteran yogyakarta, kira kira untuk 4 orang bisa nggk?

  4. mas,, saya Fita,,boleh minta contoh proposal KP di petrokimia’nya gak?
    saya sudah kirim kontak di email mas …

  5. assalamu’alaikum , itu buwat psg juga bisa kan kak ? terus tadi saya sempat baca , katanya waktu clasroom d gabungin anak smk sama kakak” mahasiswa ya kak ?

  6. Selamat sore mas pambudi, salam kenal saya dani mahasiswa semestr 5 di ub. Saya berminat KP di petrokimia insyaallah tahun ini. Boleh minta contoh proposalnya mas dulu gak? Ini saya kirim email saya😀
    Oh iya, untuk KP disana maksimal brp orang kelompoknya
    Mohon bantuannya ya mas ini email saya:
    miftahul.handika@yahoo.com
    Terimakasih mas🙂

  7. Assalamu’alaikum mas pambudi, saya yinah dari unair. saya sudah menghubungi di email mas, boleh minta softfile proposalnya mas?
    terimakasih🙂

  8. Selamat malam mas, saya eko wahyu dari univ. sriwijaya. kebetulan saya berminat untuk KP di Petrokimia Gresik, boleh minta tolong kirimkan Proposal dan laporan KP nya mas? untuk acuan kami disana. kalo boleh kirimkan ke email wutama60@yahoo.com, terima kasih ya mas.

  9. salam kenal mas, saya wahyu dari itn malang, mau nyari tempat unutk praktek kerjanya nyata juga nie, kebetulan dapat info dan syarat2 KP di petrokimia gersik dari blognya mas,,, jadi pingin KP disana.. kalu boleh saya minta soft copy contoh proposal KPnya, email saya wahyusastra90@yahoo.com, terima kasih banyak

  10. Mas saya mau tanya, kalau mau menyerahkan proposal ke pusdiklat biasanya janjian sama siapa ya? krn setau saya kalau belum janjian sama siapa2 proposalnya di tahan di satpam😦
    Kalau mas berkenan dan masih punya kontaknya orang pusdiklat, saya boleh minta kah mas?
    Terima kasih banyak

    • Hi tatia, wah maaf aku sudah lupa ketemu sama siapa. Kalau ditahan satpam skalian titipin satpam aja suruh kasih ke diklatnya ato kirim post kalo tau alamat diklatnya

  11. saya dhani dari UB.
    tadi siang saya cari info ke balai diklat petro terus ditanyai tentang konsentrasi bidang apa yang akan di buat magang di petro, kemudian saya jawab petroganik namun kata adminnya petroganik sudah tidak diproduksi lagi di petro jadi diminta untuk mengganti bidang konsentrasi.
    kalau magang disana ada bidang kondentrasi apa aja mas?

  12. aku jadi kangen dan pingin magang di petro lagi… orang2 petro baiknya tak terkira, kangen sama suasana Gresik yang hot tapi sangat damai dan tentram.
    What I really miss them so bad !

  13. Selamat siang mas, saya yuliyan dari Undip.. Boleh minta contoh proposal mas waktu KP dulu ga? Hehe
    In shaa allah saya mau KP di petrokimia bulan desember.
    Terimakasih

  14. Selamat siang mas, saya yuliyan dari Undip.. Boleh minta contoh proposal mas waktu KP dulu ga? Hehe
    In shaa allah saya mau KP di petrokimia bulan desember.
    Kirim ke Yulianham@gmail ya mas..
    Terimakasih

  15. Salam kenal mas Pambudi
    Saya nabila mahasiswi Politeknik Negeri Semarang. Saya tahun ini berencana magang di petrokimia gresik mas. boleh saya minta contoh proposal KP nya mas? ini email saya nabilasadmoko@yahoo.co.id
    Terimakasih byk buat infonya mas cukup membantu🙂

    • Selamat Malam mas, Perkenalkan nama saya Anugerah Yustisia Utama dari kampus Stikom Surabaya, Program Studi D3 Komputerisasi Perkantoran dan Kesekretariatan. saya ingin menyakan apakah pada PT. Petrokimia Gresik masih menerima Kerja Praktek. dan apa saja persyaratan buat kerja praktek pada PT. Petrokimia Gresik. Terima kasih mas.

  16. selamat malam mas, perkenalkan nama saya Anugerah Yustisia Utama dari kampus Stikom Surabaya Program Studi D3 Komputerisasi Perkantoran dan Kesekretariatan. saya ingin menayakan apakah masih bisa saya Kerja Praktek pada PT. Petrokimia Gresik.dan apa saja persyaratan untuk kerja praktek disana . terima kasih mas.

Leave a Reply

