TOEFL, TOEIC?

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti tes TOEFL dan TOEIC. Sebelumnya saya bingung juga antara TOEFL apa aja dan bedanya ama TOEIC apa,. semoga sedikit artikel dibawah bermanfaat.

Jenis – Jenis TOEFL?

TOEFL® (Test of English as Foreign Language) diciptakan oleh ETS (Educational Testing Service) di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat- pertama kali pada tahun 1964. Tujuan penciptaan TOEFL adalah untuk menyaring mahasiswa yang mendaftar di universitas-universitas di Amerika dan di negara lain dimana bahasa Inggris adalah bahasa pengantar resminya. Hingga saat ini TOEFL® telah mengalami 3 evolusi pergantian format sejak pertama kali kami ciptakan 47 tahun silam. Selain perubahan secara format, TOEFL® juga mengalami perubahan yang sangat berbeda di segi hasil/ nilai, seperti yang terlihat dalam bagan berikut:

Oleh sebab itu nilai TOEFL®yang diakui secara internasional dan dapat dipertanggungjawabkan saat ini adalah TOEFL iBT™ dengan skor 0-120. Perlu diperhatikan bahwa tes TOEFL®lebih ditujukan untuk keperluan studi lanjut di negara-negara dengan bahasa pengantar bahasa Inggris; Amerika Serikat, Eropa, Australia, dsb. Rentang kemampuan yang diujikan lebih kepada kemampuan seseorang dalam mengikuti perkuliahan, antara lain menulis esai, membuat ringkasan, berdikusi, memberikan presentasi yang semuanya dilakukan di dalam lingkup universitas yang menggunakan bahasa pengantar dan berada di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

TOEFL®yang saat ini diakui validitas dan objektifitasnya secara internasional adalah TOEFL®dengan format internet, atau yang lebih dikenal dengan TOEFL iBT™. Tes format baru ini merupakan assesment bahasa Inggris yang dapat mengukur keempat keterampilan berbahasa (Listening, Reading, Speaking dan Writing) secara objektif, valid dan terfokus bagi mereka yang akan melanjutkan studi dengan bahasa pengantar bahasa Inggris dan di negara-negara dengan bahasa ibunya bahasa Inggris.

Dengan demikian, TOEFL iBT merupakan alat ukur standar bahasa Inggris dalam dunia akademik yang tepat digunakan sebagai :

1. Persyaratan bahasa Inggris untuk studi ke luar negeri.

2. Screening program beasiswa atau pertukaran mahasiswa

3. Standar kesiapan mengikuti program akademik berbahasa Inggris

Untuk dapat memenuhi kebutuhan akan sebuah alat ukur kemampuan bahasa Inggris yang lebih luas dalam hal komunikasi berbahasa Inggris, ETS mengembangkan sebuah tes yang dapat secara komprehensif dapat mengukur dan memberikan deskripsi kemampuan komunikasi dengan bahasa Inggris dalam dunia internasional yaitu TOEIC®(Test of English for International Communication™).

Lantas apakah TOEIC itu? Dan apa bedanya pula dengan TOEFL?

TOEIC merupakan singkatan dari Test of English for International Communication. Tes ini dirancang untuk mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Nilai TOEIC menunjukkan sejauh mana seseorang mampu berkomunikasi dengan orang lain dalam bahasa Inggris di era globalisasi ini. Tes ini tidak memerlukan pengetahuan atau kosa kata khusus. es ini hanya mengukur kemampuan berbahasa Inggris yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

TOEFL adalah kependekan dari Test of English as Foreign Language. Singkatnya toefl itu adalah untuk mengetahui kemampuan Anda berbahasa Inggris!
TOEIC merupakan tes keahlian berbahasa Inggris untuk orang-orang yang bahasa ibunya bukan Bahasa Inggris. Tes TOEIC dapat mengukur kemampuan berbahasa Inggris untuk individu yang bekerja di lingkungan internasional dalam kesehariannya.

Nilai-nilainya menunjukkan seberapa baik seseorang dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan individu lainnya dalam berbisnis,perdagangan dan industri. Tes ini tidak memerlukan pengetahuan khusus atau istilah yang tidak umum seperti yang terdapat dalam tes TOEFL.

Oleh karena itu, materi tes TOEIC lebih mudah dibandingkan tes TOEFL karena hanya merupakan tes pilihan ganda selama 2 (dua) jam yang dibagi dalam sesi mendengarkan dan sesi membaca.

Oleh karena itu tes TOEIC dipandang cocok bagi karyawan atau staf yang menggunakan bahasa Inggris di lingkungannya seperti bisnis, hotel, rumah sakit, restoran, pertemuan internasional, konferensi dan even olahraga. Demikian pula staf manajemen, sales dan karyawan teknik dalam bisnis internasional, perdagangan dan industri yang membutuhkan Bahasa Inggris dalam pekerjaan mereka.

Untuk lebih jelasnya mau ngambil TOEIC, TOEFL dsb bisa dikontak ke referensi dibawah (bukan bermaksud promo loh) ;p

referensi :

http://www.itc-indonesia.com

 

4 thoughts on “TOEFL, TOEIC?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s