Cari Dana Studi ke Luar Neger? [Beasiswa Unggulan Kemendiknas 2012]

Sudah lama saya tidak menulis di blog lagi.Sebenarnya banyak yang pingin diceritakan. Seringkali semangat eh pas didepan laptop jadi males  -__-“a well, karena lagi suntuk didalam travel menuju Bandung, saya ingin sedikit bercerita mengenai pengalaman saya dan beasiswa unggulan kemendiknas. Saya bukan orang diknas, hanya pelamar beasiswa unggulan sahaja yang berharap mendapatkan beasiswa ini. Saya hanya ingin sedikit berbagi info bagi kawan-kawan yang membutuhkan dana pendidikan. Semoga tulisan ini membantu.

Beasiswa Unggulan Kemendiknas merupakan program beasiswa yang dibuka sepanjang tahun oleh diknas. Tidak ada “ikatan dinas” misalnya diharuskan menjadi dosen setelah studi selesai. Beasiswa berupa hibah dengan syarat kita memenuhi ketentuan yang telah disepakati. Misalnya nih, penerima maupun pelamar beasiswa unggulan diharuskan meneribitkan sebuah tulisan di media cetak nasional tentang beasiswa unggulan kemendiknas sebagai bentuk tanggung jawab sosial (Social Responsibility). Tujuannya baik, agar masyarakat yang lain tahu akan adanya program beasiswa unggulan ini. Oh ya beasiswa unggulan ini dapat memberikan beasiswa berupa bantuan dana kepada perorangan. Jadi jangan khawatir misalnya nih ada kawan yang lulus  S1 trus nganggur dan pingin lanjut S2 atas kemauan sendiri, ya bisa mendaftar melalui beasiswa unggulan ini.

Singkat ceritanya saya membutuhkan dana biaya hidup dan ransportasi untuk melanjutkan studi saya. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencari info beasiswa unggulan di alamat web berikut :

http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/

Jika anda ingin melanjutkan studi keluar negeri, yang harus anda siapkan pertama kali dan paling penting (selain dokumen pendukung lainnnya) adalah LETTER OF ACCEPTANCE (LoA) dari universitas tempat anda mendaftar dan PROPOSAL. Apa saja isi proposal? Ya intinya menjelaskan study plan, rencana tesis dan dana yang dibutuhkan dan yang diajukan ke diknas. Formatnya pake format formal penulisan proposal ya misalnya ada kata pengantar, daftar isi, bab pendahuluan dan seterusnya. Buatlah proposal sebaik mungkin. Setelah memiliki LoA dan Proposal, anda dapat mendaftar Beasiswa Unggulan melalui Online, ini dia alamatnya.

http://buonline.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/

Buatlah akun dan isilah data diri yang diminta. Oh ya siapkan berbagai softcopy ijazah, sertifikat lomba, seminar dan lain sebagainya karena memang diminta untuk diupload. Isi semua form registrasi online. Setelah mendaftar melalui online, anda diharuskan untuk mengirim seluruh hardcopy ya misalnya :

–          Proposal

–          LoA

–          TOEFL

–          Sertifikat2

–          Ijazah + Transkrip

–          Formulir Beasiswa Unggulan (donlot aja disitusnya)

–          Dan dokumen pendukung lainnya misal Surat Rekomendasi, copy KTP, atau jika pernah tulisannya dimuat dimedia cetak dapat disertakan biar lebih meyakinkan.

Kirimkan hardcopynya ke alamat Beasiswa Unggulan Kemendiknas di

Jikalau tidak yakin nyampe lewat pos ya bisa langsung samperin aja ke sekretariat BU nya. Kalau dari Bandung gampang tinggal naik DayTrans jurusan ke FX Lifestyle Senayan dari Dipati Ukur. Ntar gedung diknas nya pas disebelah ente.

Setelah mengisi online dan mengirim hardcopy ya tinggal menunggu pengumuman saja gimana hasilnya. Ntar bakal dikontak melalui telepon atau email. Prosesnya ga ribet kok, kalau lolos ya bakal dikontak dan disuruh menyelesaikan administrasi tambahan lainnya.  Semoga sedikit infonya berguna bagi para pencari beasiswa. Pendidikan adalah hak segala warga negara. Teruslah berjuang dan berdoa Insya Allah ada jalan. Semoga tulisan ini berguna. Amin.

#FAQ :

1. Apakah kudu ngumpulin hardcopy?

Ya, kumpulkan hardcopynya ke sekretariat Beasiswa Unggulan Diknas seperti yang tertera pada artikel ini

2. Kapan donk pengumumannya?

Proses seleksinya periode Juli, April, Oktober. Untuk pengumumannya bisa lebih cepat asal anda rajin follow up. Ya nanyain gmn progressnya. FYI saya hanya diumumkan 2 minggu setelah melamar Beasiswa ini.

3. Berapa besaran beasiswa maksimumnya?

Tergantung Beasiswa Unggulan yang ngasih. Bisa kok anda sampai mendapatkan 500 euro perbulan dan tiket pesawat. Mereka sudah ada standarnya. Kalo duitnya ga cukup ya komunikasikan dengan baik aja dengan diknas.

4. Saya pingin daftar tapi saya belum buat publikasi BU di media nasional. Terus gimana?

Ya ga masalah. Daftar saja. Untuk publikasi tentang beasiswa unggulan di media nasional yang merupakan tanggungjawab intelektual dapat dilakukan nanti setelah menerima beasiswa unggulan. Jadi rentangnya sekitar 1 tahun.

5. Apakah proses pendaftaran dipungut biaya?
Tidak. Seluruh proses seleksi GRATIS.

6. Apakah setelah selesai kuliah di Luar Negeri, ada kontrak tertentu gitu kita dengan diknas?

Tidak ada. Dana bersifat hibah. Tidak ada kewajiban ketika kita menyelesaikan studi misalnya harus menjadi dosen atau apa. Karena ini dana negara (APBN), jika studi anda tidak selesai maka anda harus mengembalikan dana dari Diknas 2 kali lipat besarnya.

7. Susah ga sih dapetin beasiswan unggulan kemdiknas 2012 ya? Peluang saya gimana?

Insya Allah peluang terbuka lebar, tergantung hoki dan garis rejeki juga kali yah,hahaha. Jangan berputus aja daftar aja dulu.

8. Oh ya kira2 gimana yah isi atau format proposal?

ya seperti proposal resmi aja ada bagian2 babnya. Yang paling penting berisi rencana studi meliputi kuliah yang akan anda ambil dan rencana tesis serta ada rencana pendanaan, meliputi biaya yang dibutuhkan, biaya yang sudah terpenuhi dan biaya yang diajukan ke kemdiknasnya. Itu aja garis besarnya tapi kalian bebas berimprovisasi. Misal bab I pendahuluan, bab II ada profil universitas, bab III berisi study plan, bab IV anggaran dana dan bab V penutup.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

37 thoughts on “Cari Dana Studi ke Luar Neger? [Beasiswa Unggulan Kemendiknas 2012]

  1. Mas, saya juga lagi nyari beasiswa buat studi saya di Prancis untuk september 2012. Universitas cuma ngasi 25% dari tuition fee. Dan mulai urus visa harus juli ini, Kira-kira masih sempat ngurus beasiswa diknas gak mas? dan mohon saran ni mas, ngurusnya langsung bawa aplikasi ke kantor diknas atau gimana mas? soalnya aku email mereka, gak dibalas-balas. Mohon pencerahannya. Maturnuhun

    • Dear, Insya allah masih sempat kok ngurus beasiswanya. Untuk sarannya, ya pertama isi semua form online sampe komplit. Untuk hardcopynya ada baiknya langsung anda bawa sendiri ke sekretariat beasiswa unggulan di Gedung C diknas lantai 6 senayan jakarta. Langsung aja datangin kalo email ga dibalas2. Itu sedikit pengalaman pribadi saya

      • Online aplikasi sepertinya cm upload seluruh dokumen ya mas? Apa emang ada form isian online lagi di web nya ?
        Itu periode 2 minggu sudah periode bersih pengumuman hasil atau masih wawancara dan tunggu hasilnya lagi mas?
        Sebelumnya terimakasih mas. Mudah-mudahan sperti mas bilang, dengan usaha dan sedikit keberuntungan “goib” bisa mendapatkan beasiswanya.🙂

      • form onlinenya ya selain aplot2 dokumen juga ada ngisi2. monggo langsung cek aja ke web onlinenya, buat akun dulu buat masuk. Pengalaman saya 2 minggu lgsg hasilnya keluar dapat brp dan ngurus administrasi tingkat lanjut. Ya insya allah kalo semua diniatin dan diusahakan plus hoki insya allah bs. slmt berjuang🙂

  2. Halo mas, I’m come back🙂
    Ternyata sedikit “hoki” (kalo andreo tioti bilang seh G-d Will) semua menjadi indah.

    oya, Mas Pambudi S2 ke luar nya, dapat mana?
    sudah m,engurus VISA kah? biar bisa share2 lagi nihh..

  3. Pa Pambudi, saya ibu nana, saya baru mendaftar S2, saya juga lagi butuh dana untuk kuliah s2 di banjarmasin (universitas lambung mangkurat) yang mulai pada september 2012 ini, dengan umur 38 tahun saat ini dan baru akan mulai kuliah di september 2012 (jadi belum punya IP di s2 hanya punya IPK di s1)apa bisa ikut daftar dan menerima BU kemendiknas?

  4. maaf mw tanya, prestasi2 sprti apa sj yg bisa ikut beasiswa kemendiknas?apakah mesti prestasi sampai di tingkat nasional?bgmn dgn di tingkat kabupaten sj🙂

  5. aslm. mas, mau tanya, BU kemendiknas ini hanya bisa parsial saja ya? mungkin gk mas kalau beasiswa ini mengcover tuition fee dan juga living cost sekaligus? terima kasih

    • Walaikumsalam Mas Dono, Setahu saya dulu beasiswa Bu ini hanya cover parsial kalau untuk tuition fee sepertinya berat. Coba komunikasikan saja Mas ke petugas BU nya🙂 sukses mas

      • oh berarti cuma living costnya aja ya mas? tapi itu mengcover buat kayak sewa tempat tinggalnya juga kah mas pambudi?

        makasih mas :))

  6. Salam, terimakasih banyak tulisannya sangat membantu🙂

    Jadi syarat-syarat umum di panduan untuk S2 magister nggak semuanya berlaku buat pendaftar BU luar negeri ya? saya lihat ada syarat rekomendasi instansi (univ yang dituju) dan di formulir yang di download harus memasukkan info instansi yang dituju. Padahal kan cukup aneh minta rekomendasi univ di luar untuk hal ini..

    Oya mas ada dokumen mengenai standar-standar biaya yang berlaku nggak? Saya hanya punya dari Dikti, kira-kira bisa dipakai nggak ya? atau ngikut sesuai standar lain yang berlaku di negara itu aja ya?

  7. Assalamualaikum wr.wb..

    Halo mas..saya Ratih, posisi sekarang sedang pra-tesis, insyaallah mau lanjut kuliah ke jepang..
    yang ingin saya tanyakan, apakah proposal yang dibuat dalam format bahasa Indonesia atau bahasa Inggris mas? jujur saya belum pernah buat proposal dalam bahasa Inggris..Trus untuk biaya hidup itu harus disertakan juga ya..
    Yang kedua, apakah BU Diknas itu hanya ke Prancis?soalnya waktu saya buka webnya, ada pilihan negaranya.

    segitu dulu deh tanyanya..sebelumnya terimakasih atas perhatiannya..

    salam.
    Ratih Widiastuti

    • Walaikumsalam Wr. Wb,.

      Saya dulu dalam bahasa Indonesia formatnya ratih,.Yap untuk biaya hidup juga disertakan saja butuh berapa, sudah tercover berapa dan yang diminta berapa. Dari Beasiswa Unggulan kemdiknas biasanya sudah ada kok mereka standard hidup di negara2 tujuan.

      • Terima kasih mas atas infonya..Saya akan coba apply sesuai dengan sarannya mas..

        Kalo ada kesulitan, nanti contact mas lagi deh..”harus banyak-banyak menimba ilmu dari mas pambudi yang banyak pengalaman”

        Salam,
        Ratih Widiastuti

  8. Mas, salam kenal. terima kasih atas informasi yg dishare. Itu untuk rencana studinya mengenai thesis yg akan kita buat kan? Apa hrs ada pembagian bab per bab seperti saat akan membuat thesis? Terima kasih.

    • Dear Irene,

      Salam kenal juga,.
      Setau saya ga ada format yang baku kok. Kalau pengalaman saya dulu cukup buat abstrak thesisnya aja, ga usah detail per bab mulai dari pendahuluan sampai ke konklusi🙂

  9. Oh ya mas, apakah dalam membuat abstrak thesis mas juga memasukkan teori dan referensi buku yang digunakan. Maaf saya banyak bertanya.

    • Dear irene, ga perlu detail2 amat kok buat abstrak ren, dulu saya ga ada referensi buku dan dasar teori cuman skilas doang🙂

  10. Saya mendaftar BU di tahun ini, tetapi tidak menemukan tombol ‘submit’. Selain itu tidak ada tempat untuk upload LoA dan Surat Permohonan Beasiswa.
    Apakah mas Pambudi dulu juga mengalami hal yang sama?
    Untuk perihal kampus tujuan, apakah ada daftar resmi dari pihak BU? Sekedar informasi saja, saya telah mendapat LoA dari Charles University Republik Ceko. Apakah kampus saya termasuk daftar DIKTI atau ga ya?

    • dear dion,

      yang saya daftar dulu beasiswa unggulan kemendiknas bukan dikti sehingga setahu gw bebas kok daftar kampusnya. Gw dulu tidak mengalami masalah di tombol submit maupun upload🙂

      • Memang maksud saya BU Kemdiknas, mas.
        Satu hal lagi mas. Di tahun 2014 ini tertulis bahwa seleksi dilakukan secara online, apakah saya perlu mengirimkan hardcopynya juga?
        Sebelumnya saya ucapkan terima kasih,

  11. Selamat siang, salam kenal, saya sudah baca tulisan dan komennya sangat membantu dan informatif, apakah mas bisa share contoh file2 yg dlu mas apply untuk beasiswa unggulan ini, untuk referensi🙂 kalo boleh bisa dikirimkan ke email : anggraeninovel@gmail.com

  12. Halo mas Pambudi, saya indah mau tanya kalau cara dapat LoA untuk S2 gimana ya caranya? Mohon bimbingannya, terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s