Mengurus NPWP di Bandung

Beberapa waktu yang lalu saya harus mengurus NPWP. Saya tinggal di Bandung dan KTP saya adalah KTP Surabaya. Namun untuk mengurus NPWP saya tidak perlu harus pulang ke Surabaya. Pengurusan NPWP dapat saya lakukan di Bandung. Sumpah baru kali ini sepertinya saya berurusan dengan administrasi yang tidak belibet, simpel dan oke.

Langkah pertama adalah lakukan registrasi online dengan membuat akun terlebih dahulu. Daftar dulu disini http://ereg.pajak.go.id. Lengkapi seluruh form online yang tersedia pada situs tersebut. Setelah komplit diisi, silakan print formulir yang dihasilkan. Setelah itu formulir tersebut saya bawa ke kantor pajak di jalan Purnawarman (terletak pas di sebelah BEC). Silakan ambil nomor antrian dan tunggu nomor anda dipanggil. Serahkan kepada petugas formulir yang telah diprint dan fotokopi KTP. Tunggu 3 menit saja dan kartu NPWP anda sudah langsung jadi! begitu mudah dan yang penting GRATIS alias tidak dipungut biaya!

Langkah – Langkah saya untuk membuat NPWP :

  • Membuka situs Direktorat Jenderal Pajak dengan alamat http://www.pajak.go.id
  • Memilih menu sistem e-Registration.
  • Membuat account Wajib Pajak yang antara lain berisi username dan password.
  • Isi data pendaftaran User dengan benar dan lengkap.
  • Login ke sistem e-Registration dengan mengisi username dan password yang telah dibuat.
  • Memilih jenis Wajib Pajak yang sesuai (Orang Pribadi, Badan atau Bendaharawan).
  • Mengisi formulir Permohonan Pendaftaran dan Perubahan Data pada layar komputer dengan lengkap dan benar.
  • Memilih tombol daftar untuk mengirim Formulir Regristrasi Wajib Pajak secara elektronis ke Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar.
  • Cetak Formulir Registrasi Wajib Pajak Orang Pribadi.
  • Cetak Surat Keterangan Terdaftar Sementara.
  • Fotokopi KTP
  • Datang ke kantor Pajak. Karena saya tinggal di Cisitu maka yang terdekat kalo setahu saya di sebelah BEC. Bawa cetak formulir dan SKTS dan fotokopi KTP.

19 thoughts on “Mengurus NPWP di Bandung

  1. Pingback: Membuat NPWP di Bandung | gian.web.id

  2. Saya tinggal di Ungaran, Semarang, bekerja di salah satu perusahaan garment di Ungaran. Kemarin hari Senin (12/16) saya mau membuat NPWP di Kantor KPP Jatingaleh, Semarang, karena setau saya disitu memang Kantor Pusat Pelayanan Pajak di sekitar Semarang, Jawa Tengah. Betapa herannya saya ketika permohonan pembuatan NPWP saya ditolak dikarenakan KTP saya Grobogan, Purwodadi. Dari situ saya dijelaskan, katanya KTP Purwodadi harus datang langsung Kantor KPP BLORA, waduh jauh sekali…. seumur2 saya aja belum pernah ke Blora, malah dari SMA saya sudah sekolah dan tinggal di Semarang… Akhirnya saya pulang ke Ungaran dengan ekspresi penuh kekecewaan…. katanya sekarang pelayanan dipermudah, tapi kok kenyataannya malah dipersulit??? APA KATA DUNIA?????

  3. Online susah banget pas ngisi alamat wilayah diketik Kelurahan dan kecamatan gak bisa musti nyari satu satu beuh….. koq gak bantu banget online nya…. harusnya begitu ketik kelurahan dan kecamatan bisa keluar data daerah… ini musti buka halaman perhalaman dari ACEH sampe Merauke PAPUA beuh bisa 3 Lebaran baru kelar…

  4. barusan dah aku ikutin langkahnya, langkah 1 nerhasil, suruh periksa emailnya. tp di email saya lom ada yg masuk dr pajak. Apakah karena hari sabtu, hari kerja dari senin sampai jumat ya

  5. Mohon sarannya, saya bekerja diBandung, tp KTP yogyakarta.. saya berhasil mendaftar lewat ereg, tapi hasilnya ditolak karena kedua alamat harus diisi sesuai ktp. Ada saran?
    saya sedang mencoba lagi dengan menggunakan kedua alamat yg sama, yg artinya kalau berhasil apakah saya harus mengurus ke jogja?

Leave a Reply

