Tips Merawat Laptop?

Setelah penantian yang panjang akhirnya netbook mini saya HP mini 210 1006 TU telah pulih kembali. Yap, tepatnya mungkin sekitar bulan Oktober 2011 lalu, LCD netbook saya mengalami kerusakan. Lebih dari setengah layar blank alias berubah warna menjadi putih. Kerusakan layar yang terjadi seperti rusak yang disebabkan retak atau pecah LCD. Well, pertama kali saya mengetahui kerusakan terjadi saya tidak ingat adanya benturan yang keras sebelumnya. Seperti biasa saya hanya menaruh netbook di tas dan kemudian mengeluarkannya. Dan tiba2 setelah saya nyalakan, LCD blank sebagian sekitar 20% area monitor. Lambat laun “penyakit” tersebut menyebar dan menjangkiti lebih dari 50% layar. Kini netbook mini saya kembali pulih setelah diganti LCDnya. Adakah yang mau share bagaimana merawat laptop yang baik supaya awet sparepart2 nya?

Setahu saya sih supaya awet (agak sotoy ini) berikut tips-tips merawat laptop yang baik yang saya ketahui selama ini :

– Supaya baterai awet, jangan sampai baterai overcharging (sudah 100% namun masih di-charge) ataupun jangan sampai baterai terlalu kritis ya hampir 0%. Hal ini dapat mengurangi lifetime baterai sehingga ntar baterai cepat drop.

– Gunakan selalu baterai jangan dicopot2 karena nanti berbahaya bagi komponen didalamnya. Tegangan yang langsung masuk belum tentu stabil. Baterai selain sebagai sumber simpanan energi berfungsi juga untuk menjamin keamanan tegangan yang masuk ke motherboard dsb.

– Gunakan laptop pada layar yang datar dan keras. Jangan menutupi jalur keluar masuk udara, misal langsung menaruh laptop pada kasur. Hati2 laptop terlalu panas bisa merusak komponen2 didalamnya.

– Setahu saya sih sela antar tombol pada keyboard merupakan ventilasi untuk mengurangi panas. Menutupi keyboard dengan pelindung keyboard dari plastik misalnya dapat menghambat ventilasi sehingga panas tidak bisa keluar (bener ga sih?)

– Alangkah baiknya gunakan pendingin / cooling pad supaya bisa mengurangi panas si laptop

– Baiknya gunakan softcase yang pas walaupun laptop dimasukkan kedalam tas anda yang lebih besar. Hal ini untuk melindungi laptop dari guncangan yang berlebihan.

Apalagi ya? haha mohon share infonya yah kalo tau gimana merawat laptop biar awet -_

2 thoughts on “Tips Merawat Laptop?

  1. Untuk penambahan cool pad bisa saja Mas Bro, tetapi ternyata baru2 saya servis laptop. Itu tidak baik karena magnet dari perputaran kipas coolpad bisa berpengaruh dengan magnet di motherboard. makanya dalam laptop atau pc antara kipas dan motherboard di buat berjauhan.
    Trus untuk keluar udara panas bekerjanya pc itu bukan dari keyboard, tapi dari lobang udaranya

  2. Pengalaman pribadi…
    kalau sedang ingin bepergian, laptopnya harus dimatikan/shutdown, jangan sampai di hibernate atau sleep. bisa cepat rusak harddisknya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s